Monday, October 26, 2015

Nyicipin Masakan Khas Tiongkok, Nasi Ayam Hainan

Selain doyan ngopi, saya juga suka mencicipi makanan yang aneh. Bagi saya sih ini aneh, karena namanya tak familiar dalam keseharian saya. Yaitu Nasi Ayam Hainan. Lalu saya coba cari-cari di wikipedia dan google, ternyata ini masakan Tionghoa yang sering dikaitkan dengan masakan Malaysia atau Singapura, dan juga ditemui di negara tetangga Thailand, serta juga di wilayah Hainan, China.

Nasi ayam Hainan (Hanzi: 文昌雞, hanyu pinyin: ???) dinamakan demikian karena berasal dari tradisi seni memasak Hainan dan penerapannya oleh populasi orang Tionghoa perantauan suku Hainan dalam kawasan Nanyang, versi makanan ini yang didapati di Malaysia dan Singapura menggabungkan unsur-unsur masakan Hainan dan Kanton ditambah lagi dengan citarasa masakan di Asia Tenggara.

Di Madiun, saya bisa mendapatkan masakan ini di I Club Resto & Pool Fitness, Jalan Bali 17 Madiun Jawa Timur Telp. (0351) 496696. Se porsinya hanya 29 ribu. Ada 2 macam Nasi Ayam Hainan yang disajikan, yaitu Original dan Crispy. Kalau saya lebih suka Crispy, seperti di foto ini. 

No comments:

Post a Comment