Friday, October 23, 2015

Dawet Jadul Khasnya Penyet Ria Madiun

Banyak sekali macam-macam dawet dan asal usulnya. Ada dawet ayu asal Banjarnegara, adapula es dawet asal Jepara, dan masih banyak lagi dawet yang lain. Di Madiun, ada salah satu cafe / retoran yang menjual es dawet jadul. Entah ini dari daerah mana, tapi rasanya enak. Isi dawetnya antara lain : cincau hitam, santan, ketan hitam, cendol, daging kelapa muda, gula aren. 

Nah sedikit soal cincau hitam ya... Ada yang tahu, kenapa diberi nama Cincau? Kata "cincau" sendiri berasal dari dialek Hokkian sienchau (Hanzi: ไป™่‰, pinyin: xiancao) yang lazim dilafalkan di kalangan Tionghoa di Asia Tenggara. Cincau sendiri di bahasa asalnya sebenarnya adalah nama tumbuhan (Mesona spp.) yang menjadi bahan pembuatan gel ini.


Cincau adalah gel serupa agar-agar yang diperoleh dari perendaman daun (atau organ lain) tumbuhan tertentu dalam air. Gel terbentuk karena daun tumbuhan tersebut mengandung karbohidrat yang mampu mengikat molekul-molekul air. Cincau paling banyak digunakan sebagai komponen utama minuman penyegar (misalnya dalam es cincau atau es campur). Jadi cincau ini bagus buat tubuh apalagi musim kemarau begini :D

No comments:

Post a Comment